Kamis, 15 Januari 2015

Melangkahlah dengan PASTI dan SEMANGAT



Apa arti dari sebuah perencanaan, jika hanya berupa lembaran-lembaran kertas atau sekedar terlintas dalam pikiran tanpa ada sebuah keinginan untuk memperjuangkannya. Karena itu, islam menekankan kepada umatnya untuk memperhatikan upaya dan kerja. Bahkan, ayat yang menganjurkan kita untuk membuat sebuah perencanaan diakhiri dengan ungkapan, “Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu  kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18), bukan apa yang kamu kerjakan atau inginkan. Keski keduanya juga diketahui oleh Allah Swt. Allah juga mempertegas agar hamba-Nya semangat untuk bekerja dalam firman-Nya, “Dan Katakanlah, ‘Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberikan-Nya kepada kamu apa yang kamu kerjakan.” (QS. At-Taubah: 105)

Rasulullah Saw bersabda, “Iman itu bukan angan-angan. Tetapi apa yang terpatri dalam hati dan dibenarkan oleh tindakan.” Hadits ini sejalan dengan sebuah pepatah yang mengatakan, “Jika engkau sudah berfikir, maka lakukanlah”

Seseorang yang mempunyai tujuan hidup dan benar-benar meyakini tujuannya, maka dia akan berusaha selalu memfokuskan pikiran dan hatinya pada tujuannya, bekerja searah dengan tujuan, dan bersemangat dalam melakukan hal-hal yang dapat mengantarkannya pada tujuan tersebut.


Maka, jangan tunda untuk melangkah melakukan sebuah hal yang telah direncanakan untuk mewujudkan tujuan dan impian anda. Karena tidak ada yang bisa menjamin sebuah tindakan yang bisa kita lakukan hari ini dapat juga kita lakukan esok hari atau hari-hari berikutnya. Jangan biarkan kesempatan itu pergi dan timbul penyesalan dalam diri. Lakukan sekarang untuk sebuah prestasi yang kita idamkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar