Rabu, 23 September 2015

Hari-hari diHARAMkannya untuk BERPUASA

Bismillah...
Semoga bermanfaat untuk kita semuanya

1. Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Sesuai dengan sabda Rasulullah Saw maka diharamkan berpuasa pada dua hari raya ini, Dari Umar ibn Khattab ra, ia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang berpuasa di kedua hari raya. Pada hari raya Idul Fitri kamu berbuka puasamu dan pada hari raya Idul Adha kamu makan daging kurbanmu." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Hari-hari Tashriq

Hari Tsahriq yaitu hari setelah idul Adha yakni pada tanggal 11, 12, 13 Dzul Hijjah. Diharamkam berpuasa pada hari-hari tersebut sebagaimana Sabda Rasulullah Saw, "Hari-hari Tashriq adalah hari-hari makan, minum dan berdzikir kepada Allah." (Muttafaqun 'alaih)

3. Hari Syak (Hari diragukan)

yaitu hari terakhir pada bulan Sya'ban yang diragukan datangnya awal bulan puasa dan orang melihat rukyah. Pada hari itu diharamkan berpuasa sesuai dengan sabda Rasulullah Saw, "barangsiapa yang puasa di hari diragukan datangnya puasa, maka ia telah berdurhaka kepada Abal Qasim (yakni Rasulullah Saw)." (HR. Abu Dawud)

4. Setelah tanggal 15 Sya'ban kecuali jika didahulukan sebelumnya dengan puasa. Maksudnya diharamkan berpuasa setelah tanggal 15 Sya'ban tanpa sebab yaitu tanpa didahulukan sebelumnya dengan puasa. Rasulullah Saw bersabda, "Jika bulan Sya'ban telah menengah (telah lewat dari tanggal 15) maka tidak ada puasa sampai datangnya Ramadhan." (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

5. Al-Wishal, artinya dalam bahasa non stop atau terus menerus siang dan malam tanpa makan dan minum lebih dari dua hari hukumnya haram bagi umat islam karena membahayakan kesehatan. Jadi puasa wishal adalah apabila sudah saat tiba waktunya berbuka, seseorang yang berpuasa lalu menyambung atau melangsungkan puasanya dua hari secara berturut-turut tanpa sahur. Rasulullah Saw bersabda, "Janganlah kamu berwishal (menyambung puasamu), janganlah kamu berwishal. Kemudian salah seorang sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, bukankah engkau sendiri melakukan puasa widhal? Beliau bersabda, "Aku tidak seperti kalian. Sesungguhnya di malam hari aku diberi makan dan minum oleh Allah." (HR. Bukhari dan Muslim)

SEMOGA BERMANFAAT
Silakan di SHARE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar