Selasa, 22 September 2015

KEISTIMEWAAN BULAN MUHARRAM

Bismillah...
Sahabat yang saya cintai karena Allah
Semoga kita selalu berada dalam kebaikan dimanapun kita berada

Sahabat tak terasa, bahwa sebentar lagi kita umat Islam akan berjumpa kebali dengan bulan pertama dalam kalender Hijriyah yakni BULAN MUHARRAM. Dari bulan inilah awal sebuah perubahan itu dimana Rasulullah Saw HIJRAH dari Makkah menuju Madinah dan disambut sangat meriah dan antusias oleh penduduk Madinah dan penduduk Makkah yang sudah berada di Madinah lebih dahulu

Ada beberapa amalan sunnah yang bisa kita lakukan pada bulan Muharram, diantaranya adalah

Memperbanyak puasa selama bulan Muharram sebagaimana sabda Rasulullah Saw, "Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram." (HR. Muslim). dari ibn Abbas ra beliau mengatakan, "Saya tidak pernah melihat Nabi Saw memilih satu hari untuk puasa yang lebih beliau unggulkan daripada yang lainnya kecuali puasa hari Asyura', dan puasa bulan Ramadhan." (HR. Bukhari dan Muslim)

PUASA ASYURA' dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram
Dari Abu Musa Al-Asy'ari ra, beliau mengatakan, "Dulu hari Asyura' dijadikan orang yahudi sebagai hari raya. Kemudian nabi Saw  bersabda, "Puasalah kalian." (HR. Bukhari)

Dari Abu Qatadah al-Anshari ra, beliau mengatakan, "Nabi Saw ditanya tentang puasa Asyura', kemudian beliau menjawab, "Puasa Asyura' menjadi penebus dosa setahun yang telah lewat." (HR. Muslim dan Ahmad)

PUASA TASU'A yakni puasa tanggal 9 Muharram
Dari ibn Abbas ra, beliau mengatakan, ketika Nabi Saw melaksanakan puasa Asyura' dan memerintahkan para sahabatnya untuk puasa, kemudian ada sahabat yang berkata, "Ya Rasulullah, Sesungguhnya hari ASyura' adalah hari yang diagungkan orang Yahudi dan nasrani. Kemudian Rasulullah Saw bersabda, "Tahun depan, kita akan berpuasa ditanggal sembilan." Namun belum sampai tahun depan, Nabi Saw diwafatkan." (HR. Bukhari)

Pada bulan Muharram ini juga kita selaku ummat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan shalih. Sebagaimana perbuatan dosa pada bulan ini akan dibalas dengan dosa yang besar, maka begitu pula perbuatan baik. Bagi yang beramal shalih di bulan ini akan mendapatkan pahala yang sangat besar sebagai tanda kasih sayang Allah kepada setiap hamba-NYa yang beriman dan bertaqwa serta beramal shalih

====================
SEMOGA BERMANFAAT
Silakan di bagikan yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar